Ads Top

Tahukah kalian 8 jenis tajuk rencana??


Related image
Menurut Assegaf  tajuk rencana dibagi  menjadi 8 jenis, yaitu:
a.            a. Jenis tajuk rencana yang bersifat memberikan informasi
Jika penulis tajuk rencana tidak mengetahui bahwa kebijakan surat kabar tempat ia bekerja, maka mengharuskan seorang penulis tidak hanya menyampaikan informasi yang tidak dimuat di bagian berita saja tetapi harus menanggapi sebuah berita dengan sikap dan penilaian yang kritis. 

b      b. Tajuk rencana yang bersifat menjelaskan
Tajuk rencana yang bersifat menjelaskan hanya sekedar menyampaikan interpretasi penulis terhadap peristiwa yang sedang terjadi. Isi dari tajuk rencana jenis ini adalah penjelasan-penjelasan seorang ahli dalam bidang yang berkaitan dengan berita utama pada sebuah Koran. 


c.         c. Tajuk Rencana yang bersifat memberikan argumentasi
Tajuk Rencana yang bersifat memberikan argumentasi bersifat analitis dan kemudian memberikan argumentasi mengapa sampai terjadi suatu hal dan apa akibatnya. Argumentasi yang disampaikan dalam tajuk rencana merupakan hasil analisis dan kesimpulan penulis mengenai suatu peristiwa.. Alasan yang disampaikan bersifat  membangun sebuah kesimpulan yang sekaligus merupakan penyampaian dari sebuah akibat yang ditimbulkan dari peristiwa yang ditanggapi dalam tajuk rencana.


d.        d. Tajuk rencana yang bersifat menjuruskan timbulnya aksi
Tajuk rencana jenis ini bertujuan untuk mendorong pembaca melakukan sebuah aksi cepat sebagai tanggapan dari sebuah peristiwa yang terjadi. 

       e. Tajuk rencana yang bersifat jihat
Tajuk rencana yang bersifat jihat  berfokus pada satu masalah dan terus menerus disuarakan sampai masalah tersebut tuntas dan dianggap baik oleh masyarakat. 

f.         f. Tajuk rencana yang bersifat membujuk
Tajuk rencana yang bersifat membujuk bertujuan untuk membuat pembaca mengambil tindakan  atau membentuk pendapat umum. 

g.        g. Tajuk rencana yang bersifat memuji
Tajuk rencana yang bersifat memuji adalah sebagai bentuk sebuah tanggapan terhadap suatu aksi. Baik itu hasil dari membaca tajuk rencana yang bersifat menjuruskan timbulnya aksi atau sebuah bentuk inisiatif langsung dari masyarakat dalam menanggapi suatu hal. 


h.        h. Tajuk yang bersifat menghibur
Tajuk yang bersifat menghibur yang terdapat dalam surat kabar yang isinya semata-mata suatu hiburan dan sering dikaitkan dengan suatu “human interest strory” atau cerita-cerita seputar minat manusia. 



Demikian 8 jenis  tajuk rencana yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Semoga bermanfaat. Untuk memperoleh informasi lebih jelasnya klik disini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.