Ads Top

3 pengertian tajuk rencana


Image result for writting


     Tajuk rencana merupakan salah satu bagian dari surat kabar. Letak tajuk rencana pada surat kabar tergabung pada kolom opini bersama dengan surat pembaca, pojok, dan artikel-artikel dari tokoh-tokoh atau ilmuan. Tajuk rencana ditulis oleh pemimpin redaksi atau redaktur senior yang sudah memahami ciri khas atau nilai-nilai yang dianut oleh suatu perusahaan surat kabar. Selain memahami nilai-nilai atau ciri khas dari perusahaan, pemimpin redaksi dan redaktur senior juga dianggap sebagai orang yang paham mengenai kebijakan pemberitaan maupun kebijakan surat kabar serta dianggap orang yang dapat dipercaya di mana ia bekerjaBerikut ini beberapa pengertian tajuk rencana dari ahli:
a.        
          Menurut Kamus Purwadinata, tajuk rencana sebagai induk karangan pada sebuah surat kabar atau majalah. Assegaf berpendapat bahwa tajuk rencana adalah mahkota dalam sebuah surat kabar atau majalah.
c 
            Lyle mengatakan bahwa tajuk rencana adalah sebuah pernyataan mengenai fakta dan opini secara singkat, logis, dan menarik yang ditinjau dari segi penulisan bertujuan untuk mempengaruhi pendapat, atau memberikan interpretasi terhadap suatu berita menonjol sebegitu rupa; sehingga bagi kebanyakan pembaca surat kabar akan menyimak pentingnya arti berita yang ditanggapi melalui tajuk berita


Demikian 3 pengertian tajuk rencana yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Semoga bermanfaat.  Selengkapnya klik disini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.