Ads Top

4 fungsi tajuk rencana


Related image
Assegaf membagi fungsi tajuk rencana menjadi empat poin, yaitu: 

a.       a. Menjelaskan berita
Seorang penulis tajuk rencana memfungsikan tulisannya dalam tajuk rencana sebagai sebuah keterangan lebih lanjut mengenai sebuah berita utama yang disajikan dalam surat kabar.Jadi, sebuah tajuk rencana dapat pula sebagai media untuk menyampaikan pendapat mengenai hal-hal atau tanggapan terhadap pendapat-pendapat yang masih belum jelas dalam sebuah berita yang ditujukan untuk mempengaruhi cara pandang para pembaca dalam menanggapi peristiwa yang dimuat dalam surat kabar.

        b.  Mengisi latar belakang
Menekankan pada kaitan sebuah peristiwa yang terjadi dengan hal-hal yang mempengaruhi peristiwa sehingga terjadi seperti yang diberitakan. Contohnya: berita utama sebuah surat kabar memberitakan tentang cepatnya sebuah pembangunan infrastruktur jalan tol pada masa kampanye. Peristiwa ini dimanfaatkan oleh penulis tajuk rencana dengan mengaitkan hal tersebut dengan kenyataan yang lain di luar dari pemberitaan tersebut misalnya, latar belakan presiden mempercepat pembangunan infrastruktur salah satunya disebabkan oleh peningkatan elektabilitas di masa kampanye. 

c     c. Meramalkan masa depan
Dalam fungsi ketiga ini, penulis tajuk rencana menjadi futuris (orang yang mempelajari dan memprediksi masa depan, terutama yang berkaitan dengan tren) dengan analisanya mencoba memberikan ramalan apa yang akan terjadi dan karena itu kita dapat berjaga-jaga atau memanfaatkan sesuatu dimasa depan. Pemanfaatan sebuah kejadian yang sesuai dengan profesinya mencoba meramalkan akibat-akibat yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Melalui fungsi ini pula tulisan-tulisan yang disampaikan oleh ahli melalui tajuk rencana dapat dijadikan pembaca sebagai alasan logis dalam melakukan sebuah tindakan seperti pencegahan jika suatu prediksi tersebut bersifat buruk, atau dapat dijadikan sebagai bahan yang perlu ditingkatkan jika prediksi tersebut baik

        d.  Meneruskan suatu penilaian moral
Pada fungsi keempat ini penulis sudah memahami peristiwa yang sedang beredar dimasyarakat dan memiliki penilaian serta sikap tersendiri dalam hal menanggapi pemberitaan tersebut. Sebuah penilaian moral yang disampaikan oleh penulis tajuk rencana berkaitan pula dengan penilaian pembaca terhadap tajuk rencana tersebut sehingga anggapan-anggapan mengenai tajuk rencana sebagai “mahkota”, “induk karangan”, atau “jati diri” sebuah surat kabar tergambar jelas lewat penilaian moral seorang penulis dalam hal menanggapi suatu peristiwa
Jadi tajuk rencana juga memiliki fungsi sebagai media untuk menyampaikan penilaian dan pernyataan sikap seorang penulis terhadap sebuah peristiwa yang terjadi dan secara tidak langsung pula mencerminkan sikap-sikap atau “jati diri” surat kabar tersebut.

Demikian 4 fungsi tajuk rencana yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Semoga bermanfaat. Selengkapnya klik disini.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.