Ads Top

6 Jenis Berita Berdasar Topic Isi


Related image
Menurut Robert Tyell berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya. Dari pengertian tersebut, menurut bobot isinya berita dibedakan menjadi 6 yaitu;
a.       Berita pendidikan
Dalam media massa cetak, berita pendidikan biasanya memiliki rubric khusus dimana rubric tersebut memberi kesempatan kepada lembaga pendidikan untuk mempromosikan lembaganya melalui berbagai aktivitas yang dibuat.
b.      Berita kriminal
Hampir seperti berita pendidikan, berita criminal biasanya memiliki rubric khusus karena banyaknya berita kriminalitas yang terjadi di masyarakat. Selain memiliki rubric khusus, berita criminal juga disajikan dalam sebuah koran khusus. Koran kriminal memiliki ciri khas yaitu tampilan yang mencolok dengan banyak foto dengan warna menyala.
c.       Berita ekonomi
Berita ekonomi memiliki sasaran yang jelas yaitu para pebisnis, para pengambil kebijakan, dan para pelaku dunia usaha. Hal tersebut membuat Media massa memperlakukan berita ekonomi secara khusus dalam halaman tersendiri. Bahkan bila ada berita ekonomi yang besar akan ditempatkan sebagai berita utama di halaman satu.
d.      Berita politik
Berita polotik adalah berita mengenai berbagai macam aktivitas politik yang dilakukan para pelaku politik di partai politik, lembaga legislatif, pemerintahan, dan masyarakat secara umum. Hampir semua media menampilkan media politik sebagai sajiannya, bahkan beberapa media umum menempatkan media politik sebagai berita utama.
e.       Berita olahraga
Berita olahraga menjadi daya tarik tersendiri, itulah sebabnya semua Koran menempatkan berita olahraga dalam halaman khusus dengan tampilan yang menarik.
f.       Berita seni, hiburan, dan keluarga
Berita tentang musik, film, dan TV menjadi berita favorit masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan hampir semua stasiun TV menampilkan infotaiment mengenai kehidupan artis.



Itulah enam jenis berita berdasarkan topik isi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.