Ads Top

3 Jenis Berita Berdasarkan Bobot Isi


Related image


Menurut Mitchel V. Charnley berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadia yang faktual, penting dan menarik bagi sebagian besar pembaa serta menyangkut kepentingan mereka. Dari pengertian tersebut, menurut bobot isinya berita dibedakan menjadi 3 yaitu;
a.       Hard news
Hardnews adalah berita tentang peristiwa yang dianggap penting bagi masyarakat baik secara individu, kelompok maupun organisasi. Aktualitas menjadi bagian penting dari Hardnews. Aktualitas disini menyangkut sesuatu yang baru diketahui.
b.      Soft news
Softnews sering disebut dengan Feature. Feature adalah berita yang tidak terikat dengan aktualitas, namun memiliki daya tarik bagi pembacanya. Berita Softnews dalam menitikberatkan pada peristiwa yang menakjubkan atau mengherankan.
c.       Depth news
Depthnews adalah berita yang memfokuskan pada peristiwa atau fakta atau pendapat yang mengandung nilai berita. Berita mendalam menempatkan fakta atau pendapat pada satu mata rantai laporan berita dan merefleksikan masalah dalam konteks yang lebih luas.



Itulah tiga jenis berita berdasarkan bobot isi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian. Selengkapnya klik disini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.