Ads Top

Bagaimana tahapan pengumpulan bahan untuk konten media radio?



Pengumpulan bahan untuk konten media radio terdiri dari tiga tahapan yaiu observasi,wawancara dan penelusuran referensi. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat bersama penjelasan setiap tahapannya.
a.       Observasi
Observasi adalah proses sitematis dalam merekam pola perilaku manusia, objek dan kejadian-kejadian tanpa menggunakan pertanyaan atau berkomunikasi dengan subjek. Dalam proses observasi tersebut, terjadi proses perubahan fakta menjadi data. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara akurat, mencatat fenomena yang muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Penulis dapat melakukan observasi untuk mengumpulkan bahan untuk konten media.

b.      Wawancara
Wawancara merupakan bentuk pengumpulan data dengan cara tanya jawab. Melakukan proses wawancara bukanlah hal yang mudah. Banyak jurnalis yang mengalami kesulitan dalam proses mewawancarai orang untuk mendapatkan suatu data, karena orang cenderung menjawab dengan singkat. Apalagi budaya pada masyarakat Indonesia yang cenderung tidak terbiasa mengungkapkan perasaan.

c.       Penelusuran referensi atau pengumpulan dokumen
Proses pengumpulan bahan untuk konten media bisa dilakukan dengan melakukan penelusuran referensi atau pengumpulan data yang terdapat dalam buku, internet, maupun dokumen-dokumen lainnya. Penulis dapat mencari referensi-referensi untuk bahan konten media melalui buku maupun internet pada sumber yang terpecaya. Sehingga informasi-informasi yang disajikan akan menjadi lebih akurat, dan terpercaya.
Demikian 3 tahapan pengumpulan bahan untuk konten media radio. Semoga bermanfaat.

Gambar terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.