Ads Top

Apa itu Newsletter?


Newsletter sebagai media komunikasi telah ada dan berkembang secara pesat sejak Perang Dunia 2 dan pertama kali muncul pada abad ke 17 di Belanda. Organissasi yang menaungi penerbitan Newsletter adalah Newsletter Association of America yang berpusat di New York City pada tahun 1977 yang kemudian berubah menjadi Newsletter Association pada tahun 1982. Pada zaman sekarang yang beredar adalah newsletter dalam segala jenis. Pada umumnya sirkulasi majalah saat ini memiliki tim yang menyusun newsletter serta banyak organisasi-organisasi yang juga mengeluarkan newsletter.

    Menurut Kriyanto, newsletter merupakan terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri, berdasarkan teori diatas maka Penulis memahami bahwa newsletter adalah media internal perusahaan yang berisikan tentang informasi dan aktifitas yang dilakukan karyawan atau perusahaan dan jumlah halamannya lebih sedikit di bandingkan dengan majalah.
    Sedangkan Ruslan menyebutkan bahwa newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memilik waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
  Newsletter banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan dan menyebarkan informasi perusahaan atau peristiwa yang terjadi di dalam perusahaan tesebut. Banyak perusahaan menggunakan newsletter untuk berkomunikasi secara internal.
   Newsletter termasuk ke dalam media selebaran, contoh lainnya adalah pamflet, booklet dan lain-lain. Menurut buku Pengantar Jurnalistik newsletter menjelaskan suatu tujuan dan ramalan-ramalan tentang suatu keadaan atau peristiwa, tetapi sebagian besar isinya membicarakan tentang bidang tertentu, seperti bisnis, energi, kesehatan, kenyamanan, perjalanan, minyak, makanan, atau penerbangan yang diedarkan secara harian atau mingguan.
 Nah, sekarang sudah tau kana pa itu newsletter. Semoga bermanfaat. Untuk memperoleh informasi lebih mendalam silahkan klik disini
Gambar terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.