Ads Top

4 Karakteristik Berita


1.   
Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang factual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka. Dari pengertian tersebut memuat 4 unsur yang harus dipenuhi oleh sebuah berita, sekaligus menjadi ‘katakteristik utama’ sebuah berita dapat dipublikasikan di media. Keempat unsur tersebut yaitu;
a.       Cepat
Artinya aktual atau berkaitan dengan ketepatan waktu. Dalam unsur ini terkandung makna berita yakni sesuatu yang baru atau new.
b.      Nyata (faktual)
Artinya informasi tentang sebuah fakta (fact), bukan fiksi atau karangan. Fakta dalam dunia jurnalistik terdiri dari kejadian nyata (real event), pendapat (opinion), dan pernyataan (statement). Sebuah berita harus berisi informasi tentang sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya atau laporan mengenai fakta sebagaimana adanya.
c.       Penting
Artinya menyangkut kepentingan orang banyak serta dinilai perlu diketahui dan diinformasikan kepada orang banyak.
d.      Menarik
Artinya mengundang orang untuk membaca berita yang ditulis. Contohnya berita yang bersifat menghibur, mengandung keanehan atau keganjilan, dan berita yang menyentuh emosi serta mengguggah perasaan. (Jurnalistik Praktis oleh M.Romli).


Itulah empat karakteristik suatu berita. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.